BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dalam ilmu ekonomi,
perusahaan adalah suatu satuan ekonomi
yang bertujuan menyelenggarakan sebagian dari proses produksi masyarakat
guna memperoleh laba atau penghasilan. Dalam menjalankan kegiatan usahanya terdapat
berbagai persoalan yang sering muncul dalam setiap perusahaan pada umumnya,
yakni bagaimana perusahaan dapat memperoleh bahan baku dengan mudah dan dengan
biaya yang rendah, bagaimana perusahaan dapat melakukan kegiatan proses
produksi, bagaimana peruahaan dapat memasarkan hasil produksi kepada konsumen
sehingga perusahaan dapat memperoleh penghasilan tertentu dengan biaya
seminimal mungkin. Sebagian besar perusahaan biasanya mengadakan berbagai
pertimnbangan-pertimbangan dalam memilih bahan baku, khususnya adalah bagaimana
perusahaan dapat memperoleh bahan baku yang berkualitas dengan tanpa
mengeluarkan biaya yang tinggi.
Tentang strategi
menghadapi persaingan, Indofood akan menerapkan strategi Mastering The Present,
Pre-empting the Future. Strategi ini antara lain fokus kepada organic growth,
memanfaatkan competitive advantage melalui scale, scope, span, dan speed.
Selain itu akan menjalankan program cost efficiency and cost cutting. Di
samping itu tetap melanjutkan segmentasi para konsumennya dengan memperkenalkan
produk-produk dengan higher price and higher margin.
Di samping itu, hal
lain yang berpengaruh dalam proses produksi adalah keterkaitan waktu kerja.
Bagaimana suatu perusahaan dapat memproduksi sesuai dengan permintaan pasar
ataupun sesuai target yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Hal lainnya juga
harus diperhatikan oleh sebagian besar perusahaan adalah bagaimana perusahaan
dapat menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga para konsumen dapat
tertarik untuk tetap mengkonsumsi tanpa harus berpindah ke produk lain.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Bagaiamana pemasaran perusahaan PT.
Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk jika dilihat dari sisi produk?
2.
Bagaiamana pemasaran perusahaan PT.
Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk jika dilihat dari sisi Manajemen Produknya?
3.
Bagaiamana bauran pemasaran perusahaan
PT. Indofood CBP Sukses Makmur jika dilihat dari sisi Manajemen Harganya?
4.
Bagaiamana bauran pemasaran perusahaan
PT. Indofood CBP Sukses Makmur jika dilihat dari sisi Kelemahan dan Kekuatan Produk yang dikeluarkan?
1.3 Tujuan
1.
Untuk mengetahui pemasaran perusahaan PT. Indofood CBP Sukses
Makmur, Tbk jika dilihat dari sisi produk?
2.
Untuk mengetahui perusahaan PT. Indofood CBP Sukses Makmur,
Tbk jika dilihat dari sisi Manajemen Produknya?
3.
Untuk mengetahui pemasaran perusahaan PT. Indofood CBP Sukses
Makmur jika dilihat dari sisi Manajemen Harganya?
4.
Untuk mengetahui pemasaran perusahaan PT. Indofood CBP Sukses
Makmur jika dilihat dari sisi Kelemahan
dan Kekuatan Produk yang dikeluarkan?
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pemasaran Perusahaan PT. Indofood CBP
Sukses Makmur, Tbk
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. merupakan salah satu perusahaan mie instant dan makanan
olahan terkemuka di Indonesia yang menjadi salah satu cabang perusahaan yang
dimiliki oleh Salim Group.
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. Cabang Bandung didirikan pada bulan Mei 1992 dengan nama PT
Karya Pangan Inti Sejati yang merupakan salah satu cabang dari PT Sanmaru Food
Manufcturing Company Ltd. yang berpusat di Jakarta dan mulai beroperasi pada
bulan Oktober 1992. Pada saat itu jumlah karyawan yang ada sebanyak 200 orang
Pada tahun 1994,
terjadi penggabungan beberapa anak perusahaan yang berada di lingkup Indofood
Group, sehingga mengubah namanya menjadi PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
yang khusus bergerak dalam bidang pengolahan mie instan. Divisi mie instan
merupakan divisi terbesar di Indofood dan pabriknya tersebar di 15 kota,
diantaranya Medan, Pekanbaru, Palembang, Tangerang, Lampung, Pontianak, Manado,
Semarang, Surabaya, Banjarmasin, Makasar, Cibitung, Jakarta, Bandung dan Jambi,
sedangkan cabang tanpa pabrik yaitu Solo, Bali dan Kendari. Hal ini bertujuan
agar produk yang dihasilkan cukup didistribusikan ke wilayah sekitar kota
dimana pabrik berada, sehingga produk dapat diterima oleh konsumen dalam
keadaan segar serta membantu program pemerintah melalui pemerataan tenaga kerja
lokal.
2.1.1 Manajemen Produk
Sumber daya yang
terlibat dalam proses produksi pembuatan mie instan ini tidak terlalu membutuhkan
sumber daya manusia yang terlalu banyak karena pengerjaan produksi dilakukan
oleh teknologi mesin sehingga SDM yang dibutuhkan pada proses produksi sebatas
pengawas jalannya produksi.
Karakteristik
perusahaan dalam melakukan kegiatan produksi yang dimiliki PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. yakni bersifat mass production, yaitu jenis barang yang
diproduksi relatif sedikit tetapi dengan volume produksi yang besar, permintaan
produk tetap/stabil demikian juga desain produk jarang sekali berubah bentuk
dalam jangka waktu pendek atau menengah.
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. divisi noodle merupakan salah satu cabang perusahaan yang
dimiliki Salim Group yang memproduksi mie instan. Jenis produk mie instant yang
dihasilkan oleh PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk.
Produk yang Dihasilkan PT.
Indofood CBP Sukses Makmur, Tbk
NO
|
PRODUK
|
JUMLAH VARIAN RASA
|
1
|
Indomie
|
8
|
2
|
Indomie Special
|
2
|
3
|
Indomie Vegan
|
2
|
4
|
Indomie Regional
Flavor
|
11
|
5
|
Indomie Kriuk
|
3
|
6
|
Indomie Jumbo
|
2
|
7
|
Indomie SQN
|
6
|
8
|
Indomie Paket
|
4
|
9
|
Supermie Reguler
|
4
|
10
|
Supermie Sedaaap
|
3
|
11
|
Supermie Go Series
|
3
|
12
|
Sarimi
|
6
|
13
|
Sarimi Extra Besar
|
6
|
14
|
Sakura
|
6
|
15
|
Intermi
|
1
|
16
|
POP Mie
|
15
|
17
|
Mie Telor
|
2
|
18
|
Anak Mas
|
2
|
19
|
POP Bihun Spesial
|
4
|
2.1.2 Manajemen Produk
PT Indofood CBP
Sukses Makmur Tbk. Manajemen produknya yang sangat luas dan keseluruh pelosok
tau PT. Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. memiliki orientasi pasar, dimana
produksi yang dilakukan oleh perusahaan disesuaikan dengan permintaan pasar.
Perusahaan selalu berusaha memenuhi kebutuhan konsumen, baik dalam kuantitas
maupun kualitas produk. Oleh karena itu, perusahaan selalu mengembangkan
inovasi guna memenuhi kepuasan pelanggan, khususnya selera konsumen.
Produk yang dihasilkan PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. divisi
mi instan terdiri dari 2 kelompok besar yaitu :
· Bag Noodle, yaitu mie instan dalam kemasan bungkus; dan
· Mie telor, yaitu mi yang dalam proses pembuatannya tidak digoreng
melainkan dikeringkan.
Pengemasan mie
adalah proses penyatuan dan pembungkusan mie, bumbu, minyak bumbu dan solid
ingredient lainya dengan menggunakan etiket sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan.
Tujuan dari proses
pengemasan adalah untuk melindungi mie dari kemungkinan-kemungkinan tercemar
atau rusak sehingga mie tidak mengalami penurunan mutu ketika sampai kepada
konsumen. Setelah dikemas, selanjutnya mie tersebut akan dimasukkan ke dalam
karton. Setelah mie dimasukkan ke dalam karton seluruhnya, karton akan
direkatkan dan kemudian menuju gudang untuk disalurkan.
2.1.3 Manajemen Harga
Perkembangan Harga produksi
mie instan di Indonesia memperlihatkan suatu peningkatan yang positif, walaupun
pada tahun 2006 sempat mengalami suatu penurunan produksi. Secara kuantitas,
produksi mie instant dari tahun ke tahun mengalami kenaikan dengan tren yang
positif. Hal ini menunjukkan suatu prospek yang cukup baik bagi industri mie
instan ini pada masa yang akan datang. PT. Indofood Sukses Makmur menjadikan
mutu dan kepuasan pelanggan sebagai basis bagi perencanaan yang dilakukan oleh
perusahaan. Oleh karena itu keinginan dan kebutuhan konsumen harus diperhatikan
oleh produsen karena kebutuhan ini akan senantiasa berubah. Perkembangan produk
mie instan yang sudah dianggap sebagai makanan cepat saji dan bahkan sebagai
makanan pokok, menyebabkan tingkat persaingan pada industri mie instan ini
semakin tinggi.
a. Pengaruh Biaya Promosi dan
Biaya Distribusi Terhadap Penjualan
Pengaruh Biaya
Promosi dan Biaya Distribusi Terhadap Penjualan Pada PT. Indofood Sukses
Makmur, TBK. Dalam bauran pemasaran dikenal dengan produk, harga, promosi, dan
distribusi yang tujuannya untuk meningkatkan penjualan. Promosi adalah kegiatan
pemasaran yang sangat penting bagi perusahaan untuk memperkenalkan produknya
kepada konsumen, sedangkan distribusi merupakan proses pendistribusian produk
dan jasa yang sesuai dan terorganisir sehingga terjadi keefektifan penjualan.
Kegiatan promosi
harus sejalan dengan rencana pemasaran yang diarahkan dan dikendalikan untuk
mengembangkan laju perusahaan. Promosi yang tidak terkendali akan menurunkan
tingkat penjualan, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk promosi merupakan
pemborosan, sedangkan saluran distribusi dipakai oleh semua perusahaan untuk
memproduksi barang dengan kualitas yang baik, namun banyak pula yang gagal
memenuhi target pasarnya. Keadaan ini disebabkan oleh kebijakan distribusi yang
kurang tepat sehingga barang yang dihasilkan kurang laku dipasar dan
menyebabkan banyak konsumen merasa kurang puas. Dengan demikian, saluran
distribusi memeliki peranan penting bagi kelangsungan hidup dan tumbuh
perusahaan.
b. Promosi
Promosi merupakan
aktivitas pemasaran untuk mengkomunikasikan informasi tentang perusahaan dan
produknya kepada konsumen sehinggga menciptakan permintaan (Burnett, 2000).
Untuk dapat mengkomunikasikan produknya dengan efektif, perusahaan harus
menentukan terlebih dahulu pasar sasarannya (target market) dan
mengkombinasikan dengan alat promosi seperti periklanan, promosi penjualan,
hubungan masyarakat, pemasaran langsung dan tenaga penjual sedemian rupa
sehingga konsumen dapat mengenal produk perusahaan dan tertarik untuk membeli
produk tersebut (Payne, 2000).
Salah satu produk PT
Indofood CBP Sukses Makmur Tbk. yang melakukan promosi besar-besaran dan
berhasil terkenal luas hingga mancanegara adalah Indomie. Rasanya yang enak
merupakan salah satu daya tarik utama mengapa produk ini dapat dikenal luas.
Indomie memiliki tagline yang sangat sederhana namun sangat pas dan ringan
untuk didengar dan diingat oleh masyarakat yaitu, “Indomie seleraku” sedangkan
nama atau merk indomie menjadi salah satu keberhasilan dari memilih nama produk
sehingga produk tersebut banyak dikenal khususnya oleh masyarakat Indonesia.
Nama yang singkat, sederhana namun unik, mudah diingat, menjadi beberapa faktor
dari keberhasilan tersebut. Masyarakat Indonesia sendiri beranggapan bahwa nama
atau merk indomie berasal dari kepanjangan Indonesia-mie sehingga menimbulkan
asumsi bahwa indomie membawa jati diri bangsa.
Salah satu promosi indomie yang cukup
unik adalah dengan mengajak konsumen untuk bercerita seputar pengalamannya
bersama indomie. Cara ini juga tergolong cukup sukses dilihat dari antusiasme
masyarakat dalam mengirim cerita-ceritanya tersebut dan dimuat dalam media
elektronik yaitu iklan televisi.
Mengapa
indomie dapat terkenal hingga mancanegara?
Indomie secara tidak langsung
terpromosikan karena sering menjadi salah satu bantuan makanan untuk korban
bencana alam baik di dalam negeri maupun di luar nengeri. Banyak warga negara
Indonesia di negara lain yang sering membawa produk ini ke negara mereka
tinggal sebagai salah satu makanan instant favorit. Indomie kini bukan hanya
dapat dijumpai di Indonesia, tetapi juga di Amerika Serikat, Australia,
berbagai negara di Asia, Afrika bahkan Eropa.
c.
Saluran Distribusi
Setiap perusahaan barang dan jasa tidak akan lepas
dari masalah penyaluran barang yang dihasilkan atau barang yang akan dijual ke
konsumen. Para produsen berhak menentukan kebijakan distribusi yang akan
dipilih dan disesuaikan dengan jenis barang serta luasnya armada penjualan yang
akan digunakan. Jika perusahaan berada dalam persaingan yang semakin tajam,
perusahaan harus segera mengadakan penelitian terhadap pasarnya.
Penelitian
tersebut untuk mengetahui kebutuhan serta selera konsumen dan jika mungkin
menstimulir permintaan serta menciptakan langganan (Kotler, 2006). Ada beberapa
alternatif yang mungkin dipilih penjual dalam mendistribusikan produknya kepada
konsumen, yaitu :
(1) manufaktur → konsumen,
(2) manufaktur → pedagang eceran → konsumen,
(3) manufaktur → pedagang besar → pedagang eceran →
konsumen dan
(4) manufaktur → agen → pedagang besar → pedagang
eceran →konsumen
2.1.4 Kekuatan dan Kelemahan Produk yang
dikeluarkan
KEKUATAN
1. Keahlian
dalam cita rasa Indonesia
2. Produksi
rendah biaya
3. Jangkauan
distribusi luas
4. Kecepatan
dalam menjangkau konsumen
5. Brand
yang sudah terkenal
KELEMAHAN
1. Terlalu
banyak Brand yang dikeluarkan
2. Terlalu
banyak inovasi rasa yang dibuat oleh Indofood
3. Permintaan
pasar yang belum terpenuhi
PELUANG
1. Melakukan
ekspansi ke luar negeri
2. Melakukan
join dengan perusahaan yang memiliki produk yang sejenis
3. Melakukan
diversifikasi terhadap produk lain
ANCAMAN
1. Ketatnya
persaingan yang dilakukan pesaing dalam hal iklan maupun inovasi
2. Tidak
fokus terhadap satu jenis produk
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Setiap tahun PT Indofood Sukses Makmur
Tbk mengalami penurunan dan kenaikan pada biaya produksi, biaya distribusi dan
penjualan terlihat dalam grafik yang tertera pada makalah. Harus mewaspadai pesaing-pesaing
dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk.
kegiatan pemasaran memegang peranan
sangat penting dalam menjual produknya kepada masyarakat dengan cara :
1. Penjualan
langsung, yaitu dilakukan dengan menggunakan armada penjualan sendiri yang
beroprsi di DKI Jakarta, Jawa, Bali, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi,
2. Penjualan
tidak langsung, meliputi wilayah pemasaran di seluruh Indonesia. Dilakukan
lewat distributor lalu pengecer dan grosir baru ke konsumen akhir, dan
3. Lewat
promosi, melalui media cetak maupun elektronik.
3.2 Saran
PT Indofood Sukses Makmur Tbk, Indomie
harus meningkatkan kewaspadaan kepada produksi mie lain dengan melakukan
promosi yang sangat agresif, harus
melakukan gebrakan yang sangat luar biasa, harganya di bawah dari produk lain,
ditambah keunggulan-keunggulan lain, menentukan kualitas produk, memiliki
kemampuan untuk mengidentifikasi mengenai kebutuhan dan keinginan konsumen yang
heterogen, sehingga dapat mengetahui dengan jelas kebutuhan dan keinginan
konsumen tersebut sesuai dengan karakteristik dari masing-masing atau tidak.
Melakukan riset pemasaran yang dilakukan terhadap konsumen, sehingga dapat
diketahui kebutuhan dan keinginan konsumen akan suatu produk mie.
DAFTAR PUSTAKA
Daromi,
S, Sri Hardjanti Santosa. ( 1992 ). Kebijakan Bauran
Pemasaran. Cetakan
Ketiga.
Yogyakarta. BPFE UII.
Kotler, Philip
dan Gary Amstrong. ( 1986 ). Manajemen Pemasaran
Analisa, Perencanaan dan Pengendalian.
Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Philip
Koter dan Gery Armstrong. Dasar – Dasar Pemasaran. Edisi Bahasa Indonesia. Jakarta : Prehalindo.
http://dikapratiwirh.blogspot.com/
http://ervinkurnia88.wordpress.com/2013/09/25/ruang-lingkup-manajemen-produksi-pt-indofood-sukses-makmur-tbk/
Tugas Kelompok IV
MANAJEMEN
PRODUK DAN HARGA PEMASARAN PADA
PERUSAHAAN PT INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK
Diajukan Sebagai Mata Kuliah
Manajemen Produk dan Harga
Yang diasuh oleh Isnaini, SE
DI
SUSUN OLEH:
FARIDAH : 10106111175
ISKANDAR : 10106111246
RAHMAWATI : 10106111191
T.
YUSRI SYAHPUTRA : 10106111186
SUWARDI : 10106111170
YAYASAN
PEMBANGUNAN UNIVERSITAS JABAL GHAFUR FAKULTAS EKONOMI JURUSAN MANAJEMEN
TAHUN
2013
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Allah SWT dengan rahmat dan karunianya penulis telah
dapat menyelesaikan Makalah tugas akhir yang berjudul “ MANAJEMEN PRODUK DAN HARGA
PEMASARAN PADA PERUSAHAAN PT
INDOFOOD SUKSES MAKMUR TBK” diajukan untuk memenuhi tugas-tugas mata Kuliah Bahasa Indonesia.
Selawat beriring salam penulis
kirimkan kepada junjungan Alam Nabi Muhammad SAW beserta keluarga dan sahabat
beliau sekalian.
Dalam penyelesaian penulisan Makalah ini, penulis
mendapat bimbingan, arahan dan bantuan dari berbagai pihak. Oleh karena itu,
penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-sebesarnya.
Segala usaha telah dilakukan untuk menyempurnakan Makalah
ini. Namun penulis menyadari bahwa dalam Makalah ini mungkin masih ditemukan kekurangan dan
kekhilafan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat
dijadikan masukan guna perbaikan di masa yang akan datang.
Meureudu, Desember
2013
Penulis
i
|
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.................................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
BAB I PENDAHULUAN............................................................................. 1
1.1 Latar
Belakang........................................................................ 1
1.2 Rumusan
Masalah................................................................... 2
1.3 Tujuan.................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN.............................................................................. 3
2.1
Pemasaran
Perusahaan PT. Indofood CBP Sukses Makmur,
Tbk......................................................................................... 3
2.1.1 Manajemen
Produk................................................... 3
2.1.2 Manajemen
Produk................................................... 5
2.1.3 Manajemen
Harga..................................................... 6
2.1.4 Kekuatan
dan Kelemahan Produk yang dikeluarkan..... 9
BAB III PENUTUP..................................................................................... 10
3.1 Kesimpulan............................................................................. 10
3.2 Saran...................................................................................... 10
ii
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar